Rabu, 18 April 2012

Dasar Pembukuan

DASAR-DASAR PEMBUKUAN UNTUK BISNIS KECIL ANDA

Pembukuan dimulai dengan identifikasi suatu transaksi atau peristiwa untuk direkam, umumnya dalam bentuk dokumen bisnis kertas. Transaksi keuangan merupakan pertukaran barang dan jasa, yang meliputi penerimaan kas, pengeluaran kas, penjualan dan pembelian secara kredit, memperoleh pinjaman, dan peralatan pembelian.

Account adalah sekelompok barang serupa, atau cara yang efisien untuk mengkategorikan transaksi. Contoh rekening adalah kas, persediaan, hutang, penjualan, biaya kantor, sewa, dan telepon.
Pembukuan entri ganda adalah sistem yang paling umum mengumpulkan informasi. Ini berarti bahwa setiap transaksi keuangan mempengaruhi dua rekening yang harus menyeimbangkan atau sama dan saling mengimbangi. Sebuah cek Anda dapat menulis beban dan uang tunai, atau bisa menjadi pembayaran pinjaman dan uang tunai. Sebuah cek Anda terima mungkin pendapatan dan uang tunai, atau bisa menjadi pengurangan pengeluaran dan uang tunai. Setiap entri, ringkasan, dan laporan harus menyeimbangkan.


Kegiatan dalam ayat ini akan dilakukan oleh Anda, pemilik bisnis. Semua entri Anda akan dimasukkan ke jurnal. Hal ini biasanya didefinisikan sebagai ” kitab entri asli,” yang artinya adalah tempat pertama dimana sebuah transaksi bisnis dicatat. Ini adalah catatan kronologis kegiatan serupa, seperti penerimaan uang tunai atau pengeluaran kas, dan cara yang terorganisir untuk mencatat transaksi. Setiap transaksi diklasifikasikan ke rekening dalam jurnal. Jurnal tersebut kemudian dirangkum (berjumlah) oleh setiap account. Jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas secara rinci dalam panduan ini sebagai dua dasar ” buku entri asli.”

Kegiatan dalam ayat ini akan dilakukan oleh akuntan Anda. Mereka akan posting (yang berarti memasukkan atau transfer) jurnal total ke buku besar umum. Buku besar umum diatur oleh account, yang masing-masing klasifikasi yang digunakan dalam jurnal. Mereka kemudian akan mempersiapkan menyesuaikan entri jurnal untuk menyelesaikan proses akuntansi, dan masalah laporan keuangan sebagai langkah terakhir.

Semua pembukuan Anda berlangsung selama periode waktu tertentu, atau periode akuntansi, biasanya bulanan, kuartalan, atau tahunan. Sebagai usaha mikro baru, Anda mungkin akan menyimpan catatan Anda secara bulanan, tetapi Anda akan memiliki akuntan menyiapkan laporan keuangan Anda setiap tahun, bersama dengan pengembalian pajak pendapatan Anda.
Konsep lain yang penting adalah kontrol akuntansi internal, yang melindungi aset terhadap pemborosan, penipuan, dan inefisiensi, dan memastikan akurasi dan reliabilitas data akuntansi dan operasi. Untuk bisnis satu-orang rumahan, kontrol internal sedikit. Misalnya: tidak menyimpan sejumlah besar uang tunai peletakan di sekitar, aman persediaan, dan mempersiapkan rekonsiliasi bank sendiri. Jika bisnis Anda di toko atau kantor dengan karyawan, akuntan Anda akan membantu Anda membuat sebuah sistem kontrol internal.

Klarifikasi dari ” tunai” kebutuhan jangka dibuat. ” Kas” termasuk mata uang dan koin, ditambah cek yang ditulis untuk pembayaran dan cek yang diterima sebagai pembayaran. Kecuali dinyatakan lain, ” tunai” adalah digunakan untuk berarti cek yang ditulis dan cek yang diterima, dan mata uang dan koin dibayarkan atau diterima. 

0 komentar:

Posting Komentar

Aka_Eka