DASAR-DASAR PEMBUKUAN UNTUK BISNIS KECIL ANDA
Pembukuan dimulai dengan identifikasi suatu transaksi atau peristiwa
untuk direkam, umumnya dalam bentuk dokumen bisnis kertas. Transaksi
keuangan merupakan pertukaran barang dan jasa, yang meliputi penerimaan
kas, pengeluaran kas, penjualan dan pembelian secara kredit, memperoleh
pinjaman, dan peralatan pembelian.
Account adalah sekelompok barang serupa, atau cara yang efisien
untuk mengkategorikan transaksi. Contoh rekening adalah kas,
persediaan, hutang, penjualan, biaya kantor, sewa, dan telepon.
Pembukuan entri ganda adalah sistem yang paling umum mengumpulkan
informasi. Ini berarti bahwa setiap transaksi keuangan mempengaruhi dua
rekening yang harus menyeimbangkan atau sama dan saling mengimbangi.
Sebuah cek Anda dapat menulis beban dan uang tunai, atau bisa menjadi
pembayaran pinjaman dan uang tunai. Sebuah cek Anda terima mungkin
pendapatan dan uang tunai, atau bisa menjadi pengurangan pengeluaran
dan uang tunai. Setiap entri, ringkasan, dan laporan harus
menyeimbangkan.
Kegiatan dalam ayat ini akan dilakukan oleh Anda, pemilik bisnis.
Semua entri Anda akan dimasukkan ke jurnal. Hal ini biasanya
didefinisikan sebagai ” kitab entri asli,” yang artinya adalah tempat
pertama dimana sebuah transaksi bisnis dicatat. Ini adalah catatan
kronologis kegiatan serupa, seperti penerimaan uang tunai atau
pengeluaran kas, dan cara yang terorganisir untuk mencatat transaksi.
Setiap transaksi diklasifikasikan ke rekening dalam jurnal. Jurnal
tersebut kemudian dirangkum (berjumlah) oleh setiap account. Jurnal
penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas secara rinci dalam panduan
ini sebagai dua dasar ” buku entri asli.”
Kegiatan dalam ayat ini akan dilakukan oleh akuntan Anda. Mereka
akan posting (yang berarti memasukkan atau transfer) jurnal total ke
buku besar umum. Buku besar umum diatur oleh account, yang
masing-masing klasifikasi yang digunakan dalam jurnal. Mereka kemudian
akan mempersiapkan menyesuaikan entri jurnal untuk menyelesaikan proses
akuntansi, dan masalah laporan keuangan sebagai langkah terakhir.
Semua pembukuan Anda berlangsung selama periode waktu tertentu, atau
periode akuntansi, biasanya bulanan, kuartalan, atau tahunan. Sebagai
usaha mikro baru, Anda mungkin akan menyimpan catatan Anda secara
bulanan, tetapi Anda akan memiliki akuntan menyiapkan laporan keuangan
Anda setiap tahun, bersama dengan pengembalian pajak pendapatan Anda.
Konsep lain yang penting adalah kontrol akuntansi internal, yang
melindungi aset terhadap pemborosan, penipuan, dan inefisiensi, dan
memastikan akurasi dan reliabilitas data akuntansi dan operasi. Untuk
bisnis satu-orang rumahan, kontrol internal sedikit. Misalnya: tidak
menyimpan sejumlah besar uang tunai peletakan di sekitar, aman
persediaan, dan mempersiapkan rekonsiliasi bank sendiri. Jika bisnis
Anda di toko atau kantor dengan karyawan, akuntan Anda akan membantu
Anda membuat sebuah sistem kontrol internal.
Klarifikasi dari ” tunai” kebutuhan jangka dibuat. ” Kas” termasuk
mata uang dan koin, ditambah cek yang ditulis untuk pembayaran dan cek
yang diterima sebagai pembayaran. Kecuali dinyatakan lain, ” tunai”
adalah digunakan untuk berarti cek yang ditulis dan cek yang diterima,
dan mata uang dan koin dibayarkan atau diterima.
0 komentar:
Posting Komentar